Fit

8 Cara menurunkan kadar trigliserida yang tinggi secara alami

Terdapat dua jenis lemak berbeda di dalam darah, yaitu trigliserida dan kolesterol. Jika kolesterol berfungsi untuk membangun sel-sel dan hormon tertentu, maka trigliserida adalah salah satu jenis lemak utama yang yang berfungsi untuk menyimpan kalori dan menyediakan energi untuk tubuh.

Trigliserida sendiri dihasilkan tubuh dari sumber energi lainnya, seperti karbohidrat dan lemak yang terdapat dalam makanan. Nah, jika kamu memiliki kadar trigliserida tinggi, kemungkinan besar juga mengalami kolesterol tinggi.

ilustrasi obat
Ilustrasi obat Foto: Ist

Gejala & penyebab

Dilansir dari laman halodoc, tidak ada gejala pasti yang muncul ketika kadar trigliserida seseorang tinggi. Namun, pada beberapa kasus, pengidap kondisi ini mengalami pankreatitis yang ditandai dengan gejala nyeri hebat di bagian perut, demam, mual, muntah, hingga berkurangnya napsu makan.

Beberapa faktor pemicu tingginya trigliserida adalah konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat atau kadar gula yang tinggi. Selain itu, kondisi inijuga dapat disebabkan oleh hipotiroidisme, penyakit ginjal, dan mengonsumsi minuman keras.

pusing
pusing photo:pixabay

Pencegahan kadar tinggi trigliserida

  • Gaya hidup sehat
    Untuk mencegah kondisi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dapat dilakukan dengan cara menjaga pola makan agar berat badan tetap ideal dan mengurangi konsumsi gula. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi konsumsi karbohidrat olahan. Biasanya, jenis karbo olahan dapat ditemukan di nasi putih, roti tawar, biskuit, hingga mi.
  • Olahraga teratur
    Olahraga dapat membantu meningkatkan HDL, yang mana dapat membantu mengurangi kadar trigliserida. Selain itu, olahraga aerobik juga memiliki dampak paling besar dalam menurunkan kadar trigliserida. Setidaknya, orang dewasa dianjurkan untuk olahraga sebanyak 150 menit per minggu.
  • Batasi konsumsi alkohol
    Dilansir dari laman Klikdokter, alkohol dapat meningkatkan level trigliserida hingga 50 persen atau lebih. Kurangi konsumsi alkohol dan mulailah meminum air putih.
  • Pilih makanan atau minuman dengan kadar gula rendah
    Beberapa panganan yang memiliki kadar gula tinggi di antaranya adalah cokelat, es krim, coke, permen, hingga minuman bubble tea. Kamu disarankan untuk membatasi asupan gula tak lebih dari 10 persen total kalori per hari untuk mencegah trigliserida melonjak.
  • Perbanyak asupan omega-3
    Salah satu sumber terbaik omega-3 adalah ikan laut berlemak seperti ikan salmon, tuna, makerel, hingga kembung. Selain itu, sumber nabati seperti kacang-kacangan juga baik. Adapun cara pengolahan ikan yang terbaik adalah dengan direbus, dikukus, atau dipanggang.
  • Pintar pilih lemak
    Lemak tak sehat seperti lemak trans juga bisa menjadi faktor utama. Lemak tersebut biasa dijumpai dalam makanan kemasan atau makanan yang digoreng. Sumber lemak baik di antaranya alpukat, minyak zaitun, dan lain-lain.
  • Menurunkan berat badan
    Penelitian menunjukkan, penurunan berat badan 5-10 persen dapat berdampak signifikan. Aerobik dapat menjadi alternatif untuk menurunkan berat badan.
  • Makan secara teratur
    Makan teratur dapat membantu menjaga kadar gula darah konsisten sepanjang hari.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close