Fit

10 Manfaat kunyit putih untuk kesehatan, cegah kanker hingga tingkatkan kesuburan

Manfaat kunyit putih dipercaya turun temurun.

Kunyit merupakan rempah alami yang dikenal sebagai tanaman berkhasiat obat sejak turun temurun.

Umumnya kunyit hanya dikenal satu jenis yaitu oranye cerah. Namun ternyata ada dua jenis kunyit yang dikonsumsi untuk kesehatan.

Salah satunya kunyit putih. Meskipun warna dan kandungannya berbeda dengan kunyit oranye, kunyit putih juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Kunyit putih punya nama ilmiah Zedoaria atau Curcuma Zedoaria, dan banyak ditemukan di daratan Indonesia, India dan berbagai wilayah Asia lainnya.

Di dalam dunia pengobatan, manfaat kunyit putih lama digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Namun ada 10 manfaat utama kunyit putih yang bermanfaat untuk kamu ketahui.

Apa saja? Dilansir laman Healthline, berikut ini 10 manfaat kunyit putih bagi kesehatan tubuh.

Obat alergi alami

Senyawa curcuminoids yang terkandung dalam kunyit putih, bermanfaat sebagai antialergi, dan terbukti mengatasi gejala alergi pada kulit.

Sebagai obat antialergi, kunyit putih bekerja layaknya antihistamin yang berfungsi untuk menghambat aktivitas protein penyebab peradangan dan mencegah pelepasan histamin, yaitu zat kimia yang memicu reaksi alergi.

Kunyit Putih
Kunyit Putih

Antimikroba dan antijamur

Dikutip dari Journal of Pharmacy and Pharnacology, kunyit putih memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang cukup baik.

Ekstrak kunyit putih terbukti melawan beberapa spesies bakteri penyebab penyakit seperti E. Coli, bakteri penyebab gangguan pencernaan, dan Staphylococcus Aureus, bakteri penyebab bisul, impetigo, selulitis, sepsis, dan osteomielitis.

Selain itu, manfaat kunyit putih turut andil dalam mengurangi jumlah bakteri jahat di mulut, dengan hasil yang setara dengan produk obat kumur yang biasa dijual di pasaran.

Cegah kanker

Meskipun keefektifannya dalam mengatasi kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut, kandungan zat RIP (Ribosom Inacting Protein) dalam kunyit putih diduga mampu mencegah, merontokkan, memblokir, dan menonaktifkan sel kanker dalam tubuh, tanpa merusak sel di sekitarnya.

Menurut Journal of Pharmacy and Pharnacology, kunyit putih juga diyakini mampu menghambat metastasis kanker dari suatu organ ke organ tubuh lainnya.

Atasi masalah pencernaan

Minyak esensial dari kunyit putih ini cukup bermanfaat dalam mengobati maag, perut kembung, sembelit, kolik, kejang otot, dan masalah lambung lainnya.

Tepung dari akar kunyit putih juga dipercaya mengurangi jumlah dan tingkat keasaman cairan lambung, sehingga dapat digunakan untuk menyembuhkan tukak lambung.

Penawar bisa ular

Ekstrak dari khasiat kunyit putih dapat menjadi pertolongan pertama yang ampuh sebagai penawar dan penghambat aktivitas racun ular dalam tubuh.

Kunyit Putih
Kunyit Putih foto: Istimewa

Meringankan rasa sakit

Kunyit putih dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit yang kamu alami. Hal ini disebabkan kunyit putih mengandung sifat analgesik.

Tidak ada dampak pada kesehatan dari pengonsumsian kunyit putih. Namun, terkhusus untuk wanita hamil dan ibu menyusui, sebaiknya ikuti petunjuk tim medis atau dokter ketika akan mengonsumsi kunyit putih.

Ringankan radang tenggorokan

Kunyit terkandung senyawa yang bernama kurkumin yang berfungsi sebagai antiinflmasi dan kandungan antioksidan.

Kunyit itu mempunyai kandungan antiinflamasi dan antioksidan. Untuk radang tenggorokan, kunyit memang sejak lama dikenal cukup ampuh.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Wiley Online Library, terungkap bahwa beberapa manfaat kunyit putih termasuk obat analgesik atau antinyeri, antialergi, obat tukak lambung, antiracun, dan antiradang.

Kesuburan

Kunyit putih disebut baik untuk program hamil dan meningkatkan kesuburan. Ada beberapa alasan mengapa kunyit putih bisa membuat subur.

Pertama, kunyit putih mampu meningkatkan gairah seksual sehingga meningkatkan kesempatan untuk hamil.

Kedua, kunyit putih bisa membantu mengobati kista secara alami agar tidak semakin parah. Kista diketahui menyebabkan penebalan dinding rahim pada lapisan luar rongga rahim.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close